Monday, October 18, 2010

Saint Seiya: The Hades Chapter

Genre: action, adventure, fantasy

Do you believe in life after death?


Anime Saint Seiya karya Masami Kurumada pertama kali rilis di Jepang pada tahun 1986-1989 dengan format TV series. The Hades chapter adalah penutup kisah Saint Seiya (sampai Kurumada membuat chapter "Next Dimension" yang kemudian tidak diselesaikannya). The Hades chapter dirilis dalam format OAV atau home video 13 tahun setelah penayangan TV series. Chapter terakhir ini dipecah lagi menjadi 3 bagian yaitu Sanctuary (2002), Inferno (2005), dan Elysion (2008).

Beberapa pertanyaan sepanjang kisah Saint Seiya terjawab dalam Hades Chapter seperti jati diri kakak Seiya, siapa sebenarnya Paus yang dibunuh Saga, kenapa Roshi (guru Shiryu) terus duduk di puncak gunung Lu, bahkan kita juga akan melihat wujud remaja Roshi dalam balutan Libra cloth. Selain itu, beberapa kejutan nampaknya juga disiapkan Kurumada Sensei dalam Hades Chapter. Kita akan melihat Athena cloth (baju perang Athena) dan kenyataan bahwa salah satu bronze Saint adalah reinkarnasi Hades, musuh yang harus dikalahkan Seiya kali ini.

Setelah merebut kembali Sanctuary dan mengalahkan Poseidon, Seiya dan kawan-kawan berhadapan dengan Hades, dewa kematian yang ingin memusnahkan seluruh manusia. Untuk mengalahkan Hades dan pasukan Specternya yang kuat, Athena dan para Saint harus masuk ke Underworld, dunia kematian tempat Hades berkuasa. Tapi mungkinkah mengalahkan Hades jika satu-satunya cara masuk ke Underworld adalah dengan kematian?

Sanctuary

Pegasus Seiya
Serangan: Pegasus Ryuseiken, Pegasus Suiseiken, Pegasus Rolling Crush
Meski kecewa tidak dilibatkan dalam pertarungan melawan Hades, Seiya bersikeras membantu para Gold Saint yang dipilih Athena untuk mendukungnya kali ini. Keinginan itu terwujud ketika Aries Shion memintanya menghantarkan Athena Cloth (baju perang Athena) pada Saori yang berada di Underworld. Meski beberapa kali sempat putus asa saat bertarung dengan para Specter, kesetian pada Athena membuatnya bangkit tiap kali jatuh. Juga membuat Seiya pada akhirnya sanggup mengembangkan cosmo tanpa batas, sampai tiba saat dimana ia tak bisa lagi membakar cosmo untuk selamanya.

Dragon Shiryu
Serangan: Rozan Shoryuha, Rozan Hyakuryuha, Excalibur
Shiryu menjadi saksi perubahan wujud Roshi (gurunya), dari tua renta menjadi Saint Libra dengan wujud masa mudanya. Dia juga yang pertama tahu, syarat untuk masuk ke Underworld hidup-hidup adalah dengan mengembangkan 8th Sense. Dalam perjalanan menuju Underworld, Shiryu dan Hyoga terpisah dari Seiya dan Shun. Ia cukup berjasa karena berhasil mengalahkan 3 orang specter senior sekaligus dengan hampir semua teknik bertarung yang dimilikinya.

Cygnus Hyoga
Serangan: Diamond Dust, Aurora Thunder Attack, Aurora Execution
Terpisah dari Seiya dan Shun, Hyoga menghabiskan hampir seluruh waktunya menjelajahi Underworld bersama Shiryu. Tidak banyak pertarungan yang dilakukan Hyoga dibandingkan Saint lainnya, tapi ia cukup berjasa menahan Griffon Minos, salah seorang specter terkuat Hades agar tidak mengganggu perjalanan Seiya dan Shun menuju Elysion, tempat dimana Hades dan Athena berada.

Andromeda Shun
Serangan: Nebula Chain, Rolling Defense, Nebula Storm
Tak seorang pun mengira Shun adalah reinkarnasi Hades karena sifat halus dan kebaikan hatinya. Jiwa murni Shun membuat Hades memilihnya sebagai tempat bereinkarnasi. Benda yang menghubungkannya dengan Hades adalah kalung yang dipakai Shun sejak bayi. Kalung bertuliskan 'Yours Ever' (Milikmu Selamanya) itu sejatinya diberikan oleh Pandora, tapi Shun mengingatnya sebagai pemberian Ikki. Di Underworld, Pandora meyakinkan Ikki bahwa takdir Shun adalah menjadi dewa kematian. Tapi saat tubuh Shun berusaha menolak kuasa Hades atas dirinya, Ikki sadar, Shun memilih takdirnya sebagai saint Athena, bukan reinkarnasi Hades.

Phoenix Ikki
Serangan: Phoenix Genmaken, Hoyoku Tensho
Satu kenangan penting yang terlupakan oleh Ikki adalah pertemuannya di masa kecil dengan Pandora. Saat itu ia mati-matian mempertahankan bayi Shun dari Pandora kecil yang ingin merebut dan menjadikan tubuh adiknya sebagai tempat reinkarnasi Hades. Ikki dan Pandora bertemu kembali di Underworld, di depan Shun yang sudah dirasuki Hades. Ia berusaha mengeluarkan roh Hades dari tubuh Shun, bahkan bersedia membunuh adiknya kalau itu satu-satunya cara membebaskan Shun dari pengaruh Hades.

Libra Dohko
Serangan: Rozan Hyakuryuha
Ia dikenal sebagai guru Shiryu yang biasa dipanggil Roshi (old master). Setelah selamat dari peperangan melawan Hades lebih dari 200 tahun silam, Dohko mendapat Misopheta-Menos dari Athena. Anugerah ini memungkinkannya memperpanjang umur tanpa batas (meskipun fisiknya tetap menua seiring waktu). Dengan begitu Dohko bisa mengawasi kapan Hades bangkit kembali. Ini alasan kenapa ia terus duduk di puncak gunung Lu sepanjang waktu, agar bisa mengawasi tempat Athena mengurung roh Hades. Ketika para specter menyerang Sanctuary, Dohko datang memberi bantuan. Serangan Aries Shion melepaskan Misopheta-Menos dan mengembalikan wujud remaja Dohko.

Virgo Shaka
Serangan: Tenma Kofuku, Tenbu Horin
Sebagai manusia setengah dewa, Shaka bisa dengan mudah masuk ke Underworld tanpa terikat segala peraturan di dalamnya, seperti harus mendapat pengadilan atas semua perbuatan semasa hidup dan peraturan lainnya. Karena itu hanya dia yang menemani Athena menjelajahi Underworld untuk mencari Hades.

Aquilla Marin
Serangan: Ryuseiken
Marin yang menghilang sekian lama, kembali ke Sanctuary dengan membawa Seika, kakak perempuan Seiya yang berhasil ditemukannya. Bersama Shaina, Kiki, dan para bronze saint rekan Seiya, ia berjuang melindungi Seika yang terancam dibunuh Thanatos, murid Hades yang ingin menjatuhkan mental Seiya.

Athena (Saori Kido)
Di jaman para dewa, Athena dikenal sebagai dewi yang selalu berselisih dengan Hades. Pertarungan mereka terus berulang tiap kali Athena dan Hades lahir kembali ke dunia. Dalam pertarungan kali ini, Saori yang juga reinkarnasi Athena bersedia menyerahkan nyawa agar Hades membatalkan Greatest Eclipse atau gerhana abadi yang diciptakannya untuk membinasakan seluruh manusia. Berbeda dengan seri Saint Seiya terdahulu, Saori dalam Hades chapter tampak lebih patriotik. Dia bukan lagi sosok yang selalu dalam lindungan para saint. Ini terbukti ketika Saori dengan berani menghadang serangan Hades untuk melindungi Shaka dan mengeluarkan paksa roh Hades dari tubuh Shun dengan darahnya. Bahkan Saori mengirim para bronze saint keluar dari Underworld dan memutuskan menghadapi Hades seorang diri.

Underworld

Pandora
Di masa kecilnya, Pandora tanpa sengaja membuka kotak berisi roh dua murid Hades, Thanatos dan Hypnos yang disegel Athena. Segera setelah itu, seluruh keluarga besar Pandora musnah, kecuali bayi tak berwujud yang baru dilahirkan ibunya. Bayi yang hanya berupa cosmo itu disebut oleh Thanatos dan Hypnos sebagai roh Hades yang memerlukan tubuh untuk bereinkarnasi. Adalah tugas Pandora merawat dan mencari tubuh untuk roh adiknya. Setelah gagal merebut bayi Shun dari Ikki, Pandora menghapus kenangan Ikki akan pertemuan mereka di masa kecil dan memberi kalung pada Shun untuk mengikatnya dengan Hades. Meski Hades menganggapnya tak lebih dari seorang pesuruh, Pandora sangat menyayangi Hades mengingat hanya adiknya itu keluarganya yang tersisa.

Aries Shion
Serangan: Crystal Wall, Stardust Revolution
Shion dikenal sebagai guru dari Aries Mu dan saint seangkatan Libra Dohko. Ia diangkat menjadi Paus setelah selamat dari peperangan melawan Hades 200 tahun silam. Setelah mati, roh Shion mendapat tawaran hidup abadi dari Hades dengan imbalan nyawa Athena. Shion setuju dan menjadi salah satu specter Hades bersama roh para gold saint yang telah mati seperti Saga, Camus, Shura, Deathmask, dan Aphrodyte. Karena itu, para saint di Sanctuary menyebut Shion sebagai pengkhianat, tanpa tahu maksud Shion yang sebenarnya. Ia menerima tawaran Hades membunuh Saori agar bisa cukup dekat untuk menyerahkan baju perang Athena padanya. Sebelum kembali mati, Shion memperbarui cloth para bronze saint menggunakan darah Athena, membuat cloth itu punya beberapa keistimewaan yang terbukti bermanfaat saat dipakai di Underworld.

Wyvern Rhadamanthys
Serangan: Greatest Caution
Rhadamanthys adalah salah satu dari tiga hakim Underworld selain Minos dan Aiacos. Dalam usahanya untuk menang, Rhadamanthys tak mau tanggung-tanggung. Ia sering bertindak di luar perintah Hades dan Pandora demi meraih kemenangan seperti mengirim lebih banyak specter untuk menyerang Sanctuary. Meski semua demi kepentingan Hades juga, tetap saja ia mendapat hukuman dari Pandora yang menganggapnya melangkahi Hades.

Griffon Minos
Serangan: Cosmic Marionettion
Minos juga salah satu hakim Underworld yang bertugas mengadili orang mati dan menentukan apakah mereka layak masuk surga atau neraka. Karena Hades membutuhkan bantuan untuk mengatasi saint Athena, ia dan 2 hakim lainnya meninggalkan pengadilan dan menugaskan Balrog Renee sebagai hakim pengganti. Serangan andalan Minos, Cosmic Marionettion, memungkinkannya menguasai tubuh musuh, seakan mereka boneka yang bisa digerakkan sesuai keinginan Minos.

Garuda Aiacos
Serangan: Garuda Flap, Galactica Illusion
Salah satu dari tiga hakim Underworld. Dibanding Rhadamanthys dan Minos, Aiacos bisa dibilang paling bangga dengan gelar terkuatnya. Karena kesombongan dan sikapnya yang memandang rendah saint Athena, dia tidak cukup waspada berhadapan dengan Ikki yang kemudian berhasil mengalahkannya dengan mudah.

Lyra Orphee
Serangan: Death Trip Serenade, Stringer Nocturne
Dulunya Orphee adalah saint Athena yang terkenal karena piawai bermain harpa. Ia masuk ke Underworld untuk memohon Hades menghidupkan kembali Eurydice, kekasihnya yang telah mati. Karena satu hal, ia dan Eurydice terjebak di Underworld selamanya. Ia membantu Seiya dan Shun menyusup ke Judecca (kuil Hades di neraka) untuk membunuh Hades. Ia memainkan harpa untuk membuat Hades, Pandora, Rhadamanthys, Minos, dan Aiacos tertidur agar Seiya bisa dengan mudah mengalahkan Hades.

Thanatos
Serangan: Terrible Providence
Salah satu dewa kembar murid Hades yang mempunyai rambut dan bola mata berwarna perak. Thanatos mempunyai ego tinggi dan tidak segan-segan melakukan pembunuhan di Elysion, surga milik Hades. Meski Hypnos, saudara kembarnya melarang ada pembunuhan agar tidak mengotori Elysion, Thanatos tetap bersikeras menyiksa para bronze saint sebelum menghabisi mereka.

Hypnos
Serangan: Eternal Drowsiness
Berbeda dengan saudara kembarnya, Hypnos mempunyai rambut dan bola mata berwarna emas. Dibanding Thanatos, karakter Hypnos jauh lebih tenang dan rasional. Dia juga menyayangkan keputusan Thanatos membunuh Pandora karena baginya, Pandora telah berjasa merawat Hades. Hypnos membenci pembunuhan. Ia mengalahkan musuh dengan membuat mereka tidur abadi, bukan membunuh.

Hades
Pertama bertemu, Seiya hampir tak percaya sosok berwajah lembut dengan sorot mata yang memancarkan kesedihan itu adalah Hades, dewa yang paling ditakuti. Roh Hades tidak dilahirkan kembali dalam wujud manusia. Ia lebih suka memakai tubuh manusia lain sebagai avatar atau inang. Tubuh aslinya dari jaman Mitologi disimpan dalam satu kuil di Elysion yang dijaga Thanatos-Hypnos dan akan digunakan kembali saat ia menghancurkan umat manusia. Keinginan Hades menghukum manusia sebenarnya cukup beralasan. Ia merasa manusia tidak mau lagi menjaga bumi dan mematuhi penciptanya. Ia tidak bisa menerima pandangan Athena yang memaklumi kesalahan manusia karena ketidaksempurnaan mereka. Saat berhadapan dengan Seiya yang menggunakan God Cloth, Hades tiba-tiba teringat dengan satu-satunya orang yang pernah melukainya di masa silam.

Terms

Underworld
Underworld adalah dunia ciptaan Hades, tempat di mana orang mati mendapat pengadilan atas semua perbuatannya semasa hidup. Tempat ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu Tartarus (neraka) dan Elysion (surga). Tartarus dan Elysion hanya dipisahkan oleh sebuah tembok besar bernama Wailing Wall atau tembok ratapan. Tak ada makhluk yang bisa melewati tembok ini kecuali dewa. Tapi bukan sama sekali tidak mungkin manusia bisa melewati tembok ini. Dibutuhkan pancaran sinar matahari dalam jumlah yang sangat besar untuk menghancurkan Wailing Wall. Tapi mungkinkah mendapat sinar matahari di dunia yang berada jauh dalam kegelapan?

Specter
Kalau Athena punya Saint, maka prajurit Hades disebut Specter. Specter bukan hanya manusia yang dipercaya Hades menjadi pelindungnya, tapi juga para prajurit (termasuk Saint) yang dihidupkan kembali oleh Hades dari kematian. Baju perang Specter disebut Surplice dan berwarna hitam metalik. Khusus saint Athena yang dihidupkan kembali dan menjadi Specter, Surplice yang dikenakan berbentuk sama dengan Cloth (baju perang) mereka semasa hidup, hanya warnanya yang berubah menjadi hitam.

Athena Cloth
Siapa sangka patung batu Athena yang berdiri di Sanctuary sebenarnya adalah baju perang Athena. Saat diperlukan, patung berukuran raksasa ini menciut menjadi segenggaman tangan dan bahannya berubah menjadi emas. Misi Seiya adalah mengantarkan Athena Cloth ini pada Saori untuk dipakainya melawan Hades di Underworld.

God Cloth
Merupakan upgrade tertinggi baju perang saint. Bentuknya berbeda-beda tergantung rasi bintang simbol saint yang memakainya. Cloth ini akan muncul dengan sendirinya di tubuh saint yang telah berhasil membakar cosmonya di atas maksimal (tanpa batas) dan hanya bisa dipakai oleh saint yang telah mendapat darah Dewa atau ijin dari Dewa.


"I have to teach those humans the meaning of pain and suffering by punishing them. So, there won't be any in the future of the earth." (Hades, eps: 31)

Banyak dari kita yang dengan sengaja merusak keseimbangan alam demi kepentingan sendiri dan menyerang siapa pun yang berbeda prinsip, hanya untuk memenangkan ego. Kita bisa terus mempertahankan superioritas dan berharap Tuhan akan terus memaklumi kesalahan kita seperti Athena. Atau berusaha memahami dan menjaga hubungan baik dengan sesama demi kebahagiaan semua pihak. Bagaimana pun, kita masih bisa memilih dan pilihan itulah yang akan mengantarkan kita pada salah satu dari Tartarus atau Elysion.

1 comment:

Adeck said...

Gan, copy in cd hades nya dung...